Minggu, 15 Maret 2015

LELE MANDALIKA benih unggul NTB

Ikan Lelel Mandalaika
Ikan lele merupakan komoditas ekonomis penting di provinsi Nusa Tenggara Barat. Selama ini kebutuhan benih untuk keperluan budidaya dilakukan dengan mendatangkan benih lele dari sentra-sentra benih ikan di pulau Jawa dengan berbagai variasi dan tingkat kualitas. Di samping itu, jarak tempuh yang cukup memakan waktu lama dengan menggunakan transportasi darat juga mengurangi kelayakan kualitas dari benih untuk budidaya.

Dalam rangka menjembatani permasalahan yang selama ini terjadi, maka sejak tahun 2009, kegiatan pemuliaan ikan lele dimulai dengan mengoleksi sejumlah varietas unggul ikan lele di BBI Batukumbung, Lingsar, Provinsi Nusa Tenggara Barat. Kemudian dilanjutkan dengan memanfaatkan varietas ikan lele Sangkuriang, Masamo dan Pyton untuk menciptakan benih lele Hibrida dari provinsi NTB yang unggul dalam kecepatan tumbuh jika dibandingkan dengan benih-benih lele yang beredar di masyarakat. Benih hibrida ini diberi nama benih LELE MANDALIKA

Hasil kegiatan menunjukkan bahwa benih lele hasil persilangan varietas ikan lele Sangkuriang betina dengan Masamo jantan mempunyai pertumbuhan yang terbaik sebagai benih budidaya jika dibandingkan dengan benih hibrida lainnya maupun dengan para tetuanya. Kenaikan pertumbuhan terutama bobot pada periode pembesaran sekitar 22,76% dari galur murninya, atau sebesar 30,05% dari strain ikan lele yang beredar di masyarakat Nusa Tenggara Barat.

Guna memperkaya jumlah jenis dan varietas lele yang dibudidayakan masyarakat serta meningkatkan produksi budidaya sekali gus dapat meningkatkan pendapatan petani pembudidaya maka pemerintah telah merilis benih lele Mandalika secara resmi melalui Surat Keputusan Menteri Kelautan dan Perikanan No. 42/KEPMEN-KP/2013 tanggal 22 Juli 2014 tentang Pelepasan Benih Sebar Ikan Lele Mandalika.

Tim Penilai Lele Mandalika
Ketua Tim Penilai (Kanan), Sekretaris DKP NTB (Kiri)

Tim Lele Mandalika bersama Prof. Komar (keempat dari kiri)







Tidak ada komentar:

Posting Komentar